Jumat, 15 November 2019

MILAD PERNIKAHAN


Assalamu’alaikum Wr. Wb.                                              Malang, 03 Maret 2013

Sahabat hatiku, pernah merayakan ulangtahun pernikahan?
Biasanya momen ulangtahun pernikahan ini menjadi ajang pasutri menghangatkan kembali rasa cinta yang mungkin sempat mendingin, atau menjadi momentum yang tepat untuk introspeksi dan memperbaiki hubungan jika ada keretakan-keretakan kecil dalam rumah tangga.
Hasil gambar untuk foto wedding muslim indoorNamun, bagaimanakah hukumnya menurut Islam? Apakah diperbolehkan ataukah diharamkan? Simak ulasan singkatnya berikut:
1. Pendapat yang mengharamkan
Ada sebagian ulama yang mengharamkan perayaan ulangtahun, baik ulangtahun pribadi maupun pernikahan. Alasannya adalah tasyabbuh atau meniru kaum Nasrani dan Yahudi yang melakukan hal tersebut. "Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia bagian dari mereka” (HR. Abu Daud dan yang lainnya, dishahihkan oleh Al Albani)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata: “Minimalnya, hadits ini menghasilkan hukum haram, atau jika tidak, zhahir hadits ini menunjukkan kekufuran”.
Sungguh kamu akan mengikuti adat kebiasaan umat sebelum kalian sejengkal-demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sehingga kalau mereka masuk ke lubang biawak pasti kalian juga akan mengikutinya. Kami bertanya, ‘Wahai Rasulullah, (Apakah mereka itu) Yahudi dan Nashrani?’ Beliau menjawab, ‘Siapa lagi’.” (HR. al-Bukhari)
Tujuan Rasulullah melarang umatnya bertasyabbuh kepada ahli kitab agar jangan sampai tumbuh dalam hati umat muslim rasa suka dan cinta terhadap mereka yang memiliki keyakinan dan agama yang batil.
Karena cinta kepada mereka dalam urusan agama akan menyebabkan kekufuran. Oleh sebab itu, banyak syariat yang datang dengan perintah untuk menyelisihi mereka supaya tumbuh ketidaksukaan kepada ajaran kufur dan syirik.
2. Pendapat yang membolehkan
Namun demikian, ada juga sebagian ‘ulama yang membolehkan perayaan ulangtahun pernikahan, di antaranya Salman al-Audah, seorang ‘ulama terkemuka di Arab Saudi. 
“Dibolehkan untuk merayakan hari kelahiran seseorang atau merayakan peristiwa-peristiwa yang membahagiakan, seperti ulang tahun perkawinan. Akan tetapi syaratnya, tidak usah mengadakan pesta dan makan besar atau dalam bahasa Arab disebut ‘id. Dibolehkan juga memberikan karangan bunga kepada teman-teman atau kerabat.”
Demikian kata Salman al-Audah dalam sebuah acara di MBC, salah satu stasiun televisi populer di Arab Saudi. Lebih jauh ia menambahkan, “Ini bukan perayaan hari keagamaan, hanya perayaan biasa dengan teman-teman. Jadi, tidak ada yang salah dengan itu semua.”
‘Ulama Arab Saudi lain yang sependapat dengan pendapat Salman al-Audah adalah mantan rektor Fakultas Syariah Universitas Islam Imam Muhammad, Dr. Saud al-Fanissan. Ia menandaskan, perayaan ulang tahun tidak jadi masalah asalkan pelaksanaannya tidak meniru budaya barat, misalnya dengan menyalakan lilin dan meniupnya. Meniup lilin dalam pesta ulang tahun tidak bisa diterima karena meniru budaya barat. Nah, oleh sebab itu, meskipun ada ulama yang membolehkan, tetap saja ada batasan yang sebaiknya tidak diterobos. Yakni, tidak menjadikan perayaan atau peringatan ulangtahun pernikahan sebagai suatu hal yang wajib, tidak sampai melakukan hal-hal yang bertentangan dengan syariat.
Alhamdulillah..... Ku bersyukur bisa mengingat kembali perayaan tahunan yang selalu sangat berkesan karena kita menikah pada tanggal 03-03-2013, sungguh ini adalah hari yang paling istimewa sepanjang hidup kami telah melewati masa & ujiaNya yang beraneka warna memasuki usia pernikahan kami yang ke-4, tepatnya tanggal 03-03-2017 kami memperoleh treatment di Rumah Sakit Marsudi Waluyo Singosari untuk suntik hormone “Tapros” yang ke-2. Betapa cepat waktu berlalu. Kita telah melalui masa-masa suka dan duka bersama sebagai pasangan suami istri, yang saling melengkapi, saling menyayangi. Kita tersenyum bersama mengingat masa-masa awal kita bertemu pertama kali dulu di rumah Allah yakni Masjid Al-Iklas Bululawang serta perjalanan kehidupan pernikahan kita yang penuh dinamika dengan UjianNya kadang indah, lucu, getir dan juga mengesankan.

Pada awal tahun 2017 ini kami telah lalui dengan banyak pengorbanan baik waktu, pikiran, kesabaran tentunya .... Semuanya terangkum dalam rangkaian mozaik indah yang mewarnai seluruh perjalanan cinta kita... Bahkan di saat pernikahan kita hampir karam karena sikap egois dan filter iman kita yang naik turun. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada pernikahan dan kehidupan kita dan yang digariskan oleh Allah pada kita. Yang kita bisa adalah menjaga hati dan sikap yang selalu ingat kepada Allah. Bila yang kita dapat kesenangan, kita sikapi dengan syukur. Bila yang kita dapat adalah kesusahan, kita sikapi dengan sabar. Tapi Allah selalu memberi kesempatan buat kita untuk selalu menyelesaikan masalah melalui do’a. Maka do’aku di hari ulang tahun pernikahan kita adalah kiranya kita tidak pernah lupa niat kita untuk menikah yaitu mencari Ridho Allah SWT. 

Semoga kita tidak lalai sedikit pun dari upaya membentuk keluarga yang sakinah mawaddah warohmah, semoga kita tidak lalai dalam mendidik anak kita nanti menjadi generasi yang qur’ani, sholeh dan sholehah, semoga Allah selalu menguatkan iman kita dari gangguan hawa nafsu dan godaaan setan dan semoga kita dipersatukan lagi di akhirat kelak. Amien Mohon maaf atas semua kesalahan yang pernah diperbuat selama ini, perasaanku kadang gundah gulana, marah, jengkel, rindu  karena aku hanya manusia yang punya nafsu, bukan wonderman....Aku mencintaimu karena Allah..Amiin Ya Rabb..

DOA MILAD PERNIKAHAN
           Ya Allah,  kubersujud & berdo’a selalu kepada Mu yang telah memberikanku pendamping hidup di dunia ini yang selalu kuimpikan hingga saat ini. Kekalkan lah nikmat Mu ini keatas kami dan jadikan lah kami berdua suami isteri di dunia dan di akhirat, Amiin Ya Rabb.
           Ya Allah, ku bersyukur atas karunia dan nikmat dalam setiap ujian serta limpahkanlah rasa cinta kepada kami, yang Engkau jadikan pengikat rindu kami pada Nabi & Rasulullah Muhammad SAW serta Khadijah Al Qubro, yang Kau jadikan mata air kasih sayang Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az Zahra dan yang Kau jadikan penghias keluarga Nabi-Mu yang suci...
            Ya Allah, andai semua itu tak layak bagi kami, Maka cukupkanlah permohonan kami dengan ridho-Mu. Jadikanlah kami suami dan istri yang saling mencintai di kala dekat, saling menjaga kehormatan dikala jauh, saling menghibur dikala duka, saling mengingatkan dikala bahagia, saling mendoakan dalam kebaikan dan ketaqwaan serta saling menyempurnakan dalam peribadatan...
           Ya Allah, sempurnakanlah kebahagiaan kami dengan menjadikan perkawinan kami ini sebagai ibadah kepada-Mu dan bukti ketaatan kami kepada sunnah Rasul-Mu...
 Ya Allah…indahkanlah rumah kami dengan kalimah-kalimah-Mu yang suci. Suburkanlah kami dengan keturunan yang membesarkan asma’-Mu. Penuhi kami dengan amal shaleh yang Engkau ridhoi. Jadikan mereka Yaa…Allah teladan yang baik bagi manusia...
        Ya Allah…damaikanlah pertengkaran di antara kami, pertautkan hati kami, dan tunjukkan kepada kami jalan-jalan keselamatan. Selamatkan kami dari kegelapan kepada cahaya. Jauhkan kami dari keburuk yang tampak dan tersembunyi...
       Ya Allah…berkatilah pendengaran kami, penglihatan kami, hati kami, keturunan kami dan ampunilah kami. Jadikanlah kami termasuk golongan orang-orang mukmin...
 Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Amiin…
Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda: 
“Diperlihatkan neraka kepadaku. Ternyata mayoritas penghuninya adalah para wanita yang kufur.” Ada yang bertanya kepada beliau: 
“Apakah para wanita itu kufur kepada ALLOH?” Beliau menjawab : “(Tidak, melainkan) mereka kufur kepada suami dan mengkufuri kebaikan (suami). Seandainya engkau berbuat baik kepada salah seorang dari mereka satu masa, kemudian suatu saat ia melihat darimu ada sesuatu (yang tidak berkenan di hatinya) niscaya ia akan berkata : Aku sama sekali belum pernah melihat kebaikan darimu.” (HR. Al- Bukhari )
 Diriku yang berbahagia.... Taopan Endy Argo & Tutut Sugiarti
 Hasil gambar untuk foto weddingHasil gambar untuk foto wedding



Tidak ada komentar:

Posting Komentar